Laman

Welcome to My Blog | RistaLikestar.blogspot.com | it's fun blog | Sharing | thank's for your visit |

Senin, 21 Maret 2016

KONSEP DASAR PENYAKIT STROKE LANSIA

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
     
      Lansia adalah keadaan yang ditandai oleh kegagalan seseorang untuk mempertahankan keseimbangan terhadap kondisi stres fisiologis. Kegagalan ini berkaitan dengan penurunan kemampuan untuk hidup serta peningktanan kepekaan secara individual (Hawari, 2001). Stroke adalah suatu penyakit gangguan fungsi anatomi otak yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat, disebabkan karena gangguan perdarahan otak. lansia adalah periode dimana organisme telah mencapai kemasakan dalam ukuran dan fungsi dan juga telah menunjukkan kemunduran sejalan dengan waktu.
      Ada beberapa pendapat mengenai “usia kemunduran” yaitu ada yang menetapkan 60 tahun, 65 tahun dan 70 tahun. Badan kesehatan dunia (WHO) menetapkan 65 tahun sebagai usia yang menunjukkan proses menua yang berlangsung secara nyata dan seseorang telah disebut lanjut usia. Lansia banyak menghadapi berbagai masalah kesehatan yang perlu penanganan segera dan terintegrasi. Masalah kesehatan mental pada lansia dapat berasal dari 4 aspek yaitu fisik, psikologik, sosial dan ekonomi. Masalah tersebut dapat berupa emosi labil, mudah tersinggung, gampang merasa dilecehkan, kecewa, tidak bahagia, perasaan kehilangan, dan tidak berguna.
      Lansia dengan masalah tersebut menjadi rentan mengalami gangguan psikiatrik seperti depresi, ansietas (kecemasan), psikosis (kegilaan) atau kecanduan obat. Pada umumnya masalah kesehatan mental lansia adalah masalah penyesuaian. Penyesuaian tersebut karena adanya perubahan dari keadaan sebelumnya (fisik masih kuat, bekerja dan berpenghasilan) menjadi kemunduran. Lansia juga identik dengan menurunnya daya tahan tubuh dan mengalami berbagai macam penyakit. Stroke dapat terjadi karena seseorang individu yang sehat memiliki faktor risiko stroke. Faktor risiko stroke ada yang dapat dikendalikan dan ada pula yang tidak dapat dikendalikan. Pada makalah ini akan dibahas tentang bagaimana asuhan keperawatan pada pasien stroke pada lansia.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, adapun rumusan masalahnya yaitu:
1.        Apakah yang dimaksud dengan stroke?
2.        Bagaimana epidemologi stroke?
3.        Apakah etiologi dari stroke?
4.        Bagaimana patofisiologi dari stroke?
5.        Apa sajakah klasifikasi dari stroke?
6.        Bagaimana manifestasi klinis dari stroke?
7.        Bagaimanakah pemeriksaan fisik pada stroke?
8.        Apa saja pemeriksaan diagnostik stroke?
9.        Bagaimana prognosis dari stroke?
10.    Bagaimana penatalaksanaan stroke?
11.    Bagaimana konsep dasar asuhan keperawatan pada klien dengan stroke?

C.    Tujuan
1.      Tujuan umum
Menjelaskan tentang stroke dan asuhan keperawatan pada klien dengan kasus stroke.
2.      Tujuan khusus
a.       Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan stroke.
b.      Untuk mengetahui bagaimana epidemologi stroke.
c.       Untuk mengetahui apakah etiologi dari stroke.
d.      Untuk mengetahui bagaimana patofisiologi dari stroke.
e.       Untuk mengetahui apa saja klasifikasi dari stroke.
f.       Untuk mengetahui bagaimana manifestasi klinis dari stroke.
g.      Untuk mengetahui bagaimana pemeriksaan fisik pada stroke.
h.      Untuk mengetahui apa saja pemeriksaan diagnostik stroke.
i.        Untuk mengetahui bagaimana prognosis dari stroke.
j.        Untuk mengetahui bagaimana penatalaksanaan stroke.
k.      Untuk mengetahui bagaimana konsep dasar asuhan keperawatan pada klien dengan stroke.

D.    Manfaat
Adapun manfaat dari pembuatan makalah ini semoga makalah ini bisa membantu mahasiswa untuk lebih mengetahui tentang penyakit stroke pada lansia stroke dan menambah wawasan pengetahuan mahasiswa tentang bagaimana pemberian asuhan keperawatan pada pasien stroke pada lansia
























BAB II
PEMBAHASAN

A.    KONSEP DASAR PENYAKIT
1.      Definisi
a.       Lansia (Lanjut Usia) adalah kelompok penduduk berumur tua. Golongan penduduk yang mendapat perhatian atau penglompokan trsendiri ini adalah polulasi berumur 60 tahun.atau lebih. Lanjut usia adalah tahap akhir perkembangan pada daur kehidupan  manusia
b.      CVA (Cerebro Vascular Accident) merupakan kelainan fungsi otak yang timbul mendadak yang disebabkan karena terjadinya gangguan peredaran darah otak yang dan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja dengan gejala-gejala berlangsung selama 24 jam atau lebih yang menyebabakan cacat berupa kelumpuhan anggota gerak, gangguan bicara, proses berpikir, daya ingat dan bentuk-bentuk kecacatan lain hingga menyebabkan kematian (Muttaqin, 2008:234).   
c.       Stroke merupakan sindrom klinis dengan gejala gangguan fungsi otak secara fokal dan atau global yang berlangsung 24 jam atau lebih yang dapat mengakibatkan kematian atau kecacatan yang menetap lebih dari 24 jam tanpa penyebab lain kecuali gangguan pembuluh darah otak (WHO, 1983)
d.      Stroke atau penyakit serebrovaskular mengacu pada setiap gangguan neurologik mendadak yang terjadi akibat pembatasan atau terhentinya aliran darah melalui system suplai arteri otak. ( Sylvia A. Price, 2006 )
e.       Stroke adalah gangguan peredaran darah otak yang menyebabkan defisiy neurologis mendadak sebagai akibat iskemia atau hemoragi sirkulasi saraf otak (Sudoyo Aru,dkk 2009)

2.      Epidemologi
Stroke adalah penyebab utama kecacatan pada orang dewasa. Empat juta orang Amerika mengalami defisit neurologik akibat stroke, dua per tiga dari defisit ini bersifat sedang sampai parah (National Stroke Association,2001). Kemungkinan meninggal akibat stroke inisial adalah 30% sampai 35%, dan kemungkinan kecacatan mayor pada yang selamat adalah 35% sampai 40% (Wolf et al., 2000). Sekitar sepertiga dari semua pasien yang selamat dari stroke akan mengalami stroke berikutnya dalam 5 tahun, 5% sampai 14% dari mereka akan mengalami stroke ulangan dalam tahun pertama.
Proporsi penduduk lanjut usia di dunia diperkirakan mencapai 22 persen dari penduduk dunia atau sekira 2 miliar pada tahun 2020. Sebanyak 80% lansia tersebut hidup di negara-negara berkembang. Sementara, di Indonesia jumlah lansia sebanyak 24 juta (9,77 persen) pada 2010 dan diproyeksikan menjadi 28,8 juta jiwa (11,34 persen) dari total penduduk Indonesia pada 2020.
Sampai tahun 2001, laporan tentang insiden stroke hanya mencakup stroke simtomatik, walaupun stroke “silent” diperkirakan 5 sampai 20 kali lebih sering terjadi, menurut para peneliti di University of California di Los Angeles (Leary Saver, 2001). Berprevalensi stroke silent, maka para peneliti tersebut memperkirakan bahwa insiden per tahun stroke silent adalah lebih dari 11 juta orang.
          Stroke menduduki posisi ketiga di Indonesia setelah jantung dan kanker. Sebanyak 28.5 persen penderita stroke meninggal dunia. Sisanya menderita kelumpuhan sebagian maupun total hanya lima belas persen saja yang dapat sembuh total dari serangan stroke atau kecacatan. Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) menyebutkan bahwa 63,52 per 100.000 penduduk indonesia berumur di atas 65 tahun ditaksir menderita stroke.
   Stroke menempati urutan pertama dari 10 penyakit tertinggi di Indonesia. Data ini diperoleh dari laporan Institute of Health Metrics and Evaluation 2013. Indonesia memiliki tingkat DALY's lost (Disability-Adjusted Life Year) yang terus merangkak naik sejak 1990 sebesar 4,3%, tahun 2000 sebesar 6,3%, dan 8% pada 2010. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan dasar (Riskesdas) dilaporkan bahwa di Indonesia terjadi peningkatan prevalensi kejadian stroke dari tahun 2007 sebesar 8,3 mil menjadi 12,1 per mil di tahun 2013 dengan nilai tertinggi di Aceh dan Sulawesi Selatan. Hal itu menjadi sangat berbahaya jika masyarakat tidak memiliki pengetahuan mengenai bahaya penyakit stroke.
Sementara itu, Umur Harapan Hidup (UHH) manusia Indonesia semakin meningkat dimana pada RPJMN Kemkes tahun 2014 diharapkan terjadi peningkatan UHH dari 70,6  tahun pada 2010 menjadi 72  tahun pada 2014 yang akan menyebabkan terjadinya perubahan struktur usia penduduk. Menurut proyeksi Bappenas jumlah penduduk lansia 60 tahun atau lebih  akan meningkat dari 18.1 juta pada 2010 menjadi dua kali lipat  (36 juta) pada 2025. Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2007 menunjukkan pola penyakit pada lansia yang terbanyak adalah gangguan sendi kemudian diikuti oleh hipertensi, katarak, stroke, gangguan mental emosional, penyakit jantung dan diabetes mellitus. Riskesdas 2007 juga menunjukkan penyebab kematian pada umur 65 tahun ke atas pada laki-laki adalah stroke (20,6 persen). Sementara pada perempuan penyebab kematian terbanyak adalah stroke (24,4 persen)

3.      Etiologi
Menurut Smeltzer (2001) stroke biasanya diakibatkan dari salah satu dari
empat kejadian yaitu:
a.      Trombosis serebral
      Arteriosklerosis serebral dan perlambatan sirkulasi serebral adalah penyebab utama trombosis serebral, yang merupakan penyebab paling umum dari stroke. Tanda-tanda trombosis serebral bervariasi. Sakit kepala adalah awitan yang tidak umum. Beberapa pasien dapat mengalami pusing, perubahan kognitif, atau kejang, dan beberapa mengalami awitan yang tidak dapat dibedakan dari haemorrhagi intracerebral atau embolisme serebral. Secara umum, trombosis serebral tidak terjadi dengan tiba-tiba, dan kehilangan bicara sementara, hemiplegia, atau parestesia pada setengah tubuh dapat mendahului awitan paralisis berat pada beberapa jam atau hari.
b.      Embolisme serebral
      Embolus biasanya menyumbat arteri serebral tengah atau cabang - cabangnya, yang merusak sirkulasi serebral. Awitan hemiparesis atau hemiplegia tiba-tiba dengan afasia atau tanpa afasia atau kehilangan kesadaran pada pasien dengan penyakit jantung atau pulmonal adalah karakteristik dari embolisme serebral.
c.       Iskemia serebral
      Iskemia serebral (insufisiensi suplai darah ke otak) terutama karena konstriksi ateroma pada arteri yang menyuplai darah ke otak.
d.      Haemorrhagi serebral
1)      Haemorrhagi ekstradural (haemorrhagi epidural) adalah kedaruratan
bedah neuro yang memerlukan perawatan segera. Keadaan ini biasanya
mengikuti fraktur tengkorak dengan robekan arteri tengah arteri
meninges lain, dan pasien harus diatasi dalam beberapa jam cedera
untuk mempertahankan hidup.
2)      Haemorrhagi subdural pada dasarnya sama dengan haemorrhagi epidural,
kecuali bahwa hematoma subdural biasanya jembatan vena robek.
Karenanya periode pembentukan hematoma lebih lama dan
menyebabkan tekanan pada otak. Beberapa pasien mungkin
mengalami haemorrhagi subdural kronik tanpa menunjukkan tanda atau
gejala.
3)      Haemorrhagi subarakhnoid dapat terjadi sebagai akibat trauma atau
hipertensi, tetapi penyebab paling sering adalah kebocoran aneurisme
pada area sirkulus Willisi dan malformasi arteri vena kongenital pada
otak.
4)      Haemorrhagi intracerebral adalah perdarahan di substansi dalam otak paling umum pada pasien dengan hipertensi dan aterosklerosis serebral, karena perubahan degeneratif karena penyakit ini biasanya menyebabkan rupture pembuluh darah. Biasanya awitan tiba-tiba, dengan sakit kepala berat. Bila haemorrhagi membesar, makin jelas deficit neurologik yang terjadi dalam bentuk penurunan kesadaran dan abnormalitas pada tanda vital.

4.      Faktor Predisposisi
a.       Faktor yang tidak dapat dirubah (Non Reversible)
·         Jenis kelamin   : pria lebih sering ditemukan menderita stroke dibandingkan                                      wanita
·         Usia                 : makin tinggi usia makin tinggi juga resiko terkena stroke
·         Keturunan       : adanya riwayat keluarga yang terkena stroke.
b.      Faktor yang dapat dirubah (Reversible)
1)      Hipertensi
Hipertensi merupakan faktor risiko stroke yang potensial. Hipertensi dapat mengakibatkan pecahnya maupun menyempitnya pembuluh darah otak. Apabila pembuluh darah otak pecah maka timbullah perdarahan otak dan apabila pembuluh darah otak menyempit maka aliran darah ke otak akan terganggu dan sel – sel otak akan mengalami kematian.
2)      Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus mampu menebalkan dinding pembuluh darah otak yang berukuran besar. Menebalnya dinding pembuluh darah otak akan menyempitkan diameter pembuluh darah tadi dan penyempitan tersebut kemudian akan mengganggu kelancaran aliran ke otak, yang pada akhirnya akan menyebabkan infark sel – sel otak.
3)      Penyakit Jantung
Berbagai penyakit jantung berpotensi untuk menimbulkan stroke. Faktor risiko ini akan menimbulkan hambatan/sumbatan aliran darah ke otak karena jantung melepas gumpalan darah atau sel – sel/jaringan yang telah mati ke dalam aliran darah.
4)      Gangguan Aliran Darah Otak Sepintas
Pada umumnya bentuk – bentuk gejalanya adalah sebagai berikut:
Hemiparesis, disartri, kelumpuhan otot – otot mulut atau pipi, kebutaan mendadak, hemiparestesi dan afasia.
5)      Kolesterol tinggi (Hiperkolesterolemi)
Meningginya angka kolesterol dalam darah, terutama low density lipoprotein (LDL), merupakan faktor risiko penting untuk terjadinya arteriosklerosis (menebalnya dinding pembuluh darah yang kemudian diikuti penurunan elastisitas pembuluh darah). Peningkatan kad ar LDL dan penurunan kadar HDL (High Density Lipoprotein) merupakan faktor risiko untuk terjadinya penyakit jantung koroner.
6)      Infeksi
Penyakit infeksi yang mampu berperan sebagai faktor risiko stroke adalah
tuberkulosis, malaria, lues, leptospirosis, dan infeksi cacing.
7)      Obesitas
Obesitas merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung.
8)      Merokok
Merokok merupakan faktor risiko utama untuk terjadinya infark jantung.
9)      Kelainan pembuluh darah otak
Pembuluh darah otak yang tidak normal suatu saat akan pecah dan
menimbulkan perdarahan.
10)  Peningkatan hematokrit (resiko infark serebral)
11)  Kontrasepasi oral (khususnya dengan disertai hipertensi, merokok, dan kadar estrogen tinggi)
12)  Penyalahgunaan obat (kokain)
13)  Konsumsi alkohol

5.      Patofisiologi
  Infark serebral adalah berkurangnya suplai darah ke area tertentu di otak. Luasnya infark tergantung pada factor-faktor seperti lokasi dan besarnya pembuluh darah dan adekuatnya sirkulasi kolateral terhadap area yang disuplai oleh pembuluh darah yang tersumbat. Suplai darah ke otak dapat berubah (makin lambat atau cepat) pada gangguan local (thrombus, emboli, perdarahan, dan spasme vascular) atau karena gangguan umum (hipoksia karena gangguan paru dan jantung. Aterosklerosis sering sebagai factor penyebab infark pada otak. Thrombus dapat berasal dari plak aterosklerotik, atau darah dapat beku pada area yang stenosis, tempat aliran darah mengalami perlambatan atau terjadi turbulensi.
Thrombus dapat pecah dari dinding pembuluh darah terbawa sebagai emboli dalam aliran darah. Thrombus dapat mengakibatkan iskemi jaringan otak yang disuplai oleh pembuluh darah yang bersangkutan dan edema dan kongesti di sekitar area. Area edema ini menyebabkan disfungsi yang lebih besar daripada area infark itu sendiri. Edema dapat berkurang dalam beberapa jam atau kadang-kadang sesudah beberapa hari. Dengan berkurangnya edema klien mulai menunjukkan perbaikan. Oleh karena thrombosis biasanya tidak fatal, jika tidak terjadi perdarahan masif. Oklusi pada pembuluh darah serebral oleh embolus menyebabkan edema dan nekrosis diikuti thrombosis. Jika terjadi septic infeksi akan meluas pada dinding pembuluh darah maka akan terjadi abses atau ensefalitis, atau jika sisa infeksi berada pada pembuluh darah yang tersumbat menyebabkan dilatasi aneurisme pembuluh darah. Hal ini menyebabkan perdarahan serebral, jika aneurisme pecah atau rupture.
Perdarahan otak disebabkan oleh rupture arteriosklerotik dan hipertensi pembuluh darah. Perdarahan intraserebral yang sangat luas akan lebih sering menyebabkan kematian dibandingkan keseluruhan penyakit serebrovaskuler, karena perdarahan yang luas terjadi destruksi massa otak, peningkatan tekanan intracranial, dan yang lebih berat dapat menyebabkan herniasi otak pada falks serebri atau lewat foramen magnum.
Kematian dapat disebabkan oleh kompresi batang otak, hemisfer otak, dan perdarahan ke batang otak. Perembesan darah ke ventrikel otak terjadi pada sepertiga kasus perdarahan otak di nucleus kaudatus, thalamus dan pons.
Jika sirkulasi serebral terhambat, dapat berkembang anoksia serebral. Perubahan yang disebabkan oleh anoksia serebral dapat reversible untuk waktu 4-6 menit. Perubahan ireversibel jika anoksia lebih dari 10 menit. Anoksia serebral dapat terjadi oleh karena gangguan yang bervariasi salah satunya henti jantung.
Selain kerusakan parenkim otak, akibat volume perdarahan yang relative banyak akan mengakibatkan peningkatan tekanan intracranial dan penurunan tekanan perfusi otak serta gangguan drainase otak. Elemen-elemen vasoaktif darah yang keluar dan kaskade iskemik akibat menurunnya tekanan perfusi, menyebabkan saraf di area yang terkena darah dan sekitarnya tertekan lagi.
Jumlah darah yang keluar menentukan prognosis. Jika volume darah lebih dari 60 cc maka risiko kematian sebesar 93% pada perdarahan dalam dan 71% pada perdarahan lobar. Sedangkan jika terjadi perdarahan serebelar dengan volume antara 30-36 cc diperkirakan kemungkinan kematian sebesar 75%, namun volume darah 5 c dan terdapat di pons sudah berakibat fatal. (Muttaqin, Arif, 2008)









PATHWAY

Stroke Hemoragi
Stroke non Hemoragi
 



                                                                                               

 


Peningkatan tekanan sistemik             Vasovasme arteri serebral       thrombus/emboli di serebral
 


Aneurisma/APM                                                                                       suplai darah ke jaringan   
                                                                                                                   Serebral tidak adekuat
Perdarahan Arknoid/Ventrikel                        Iskemik/Infark
Ketidakefektifan Perfusi Jaringan Otak
 


Hematoma serebral                                        
                                                                        Defisit Neurologi
Peningkatan TIK                                            
                                                                       
Penurunan kesadaran                                      Hemister kanan                                  Hemisfer kiri
                                                                                                    
Penekanan pada saluran nafas
Ketidakefektifan pola nafas
                                                                  Hemiparase/plegi kiri               Hemipharese/plegi kanan                        
                                                                                   
Kerusakan Integritas Kulit
Gangguan mobilitas fisik
                       
Area gocca

Defisiensi Pengetahuan
Kerusakan fungsi N VII
dan N XII
Kerusakan Komunikasi Verbal
 



6.      Klasifikasi

Stroke dapat diklasifikasikan menurut patologi dan gejala kliniknya, yaitu :

a.       Stroke Haemorhagi,
Merupakan perdarahan serebral dan mungkin perdarahan subarachnoid. Disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak pada daerah otak tertentu. Biasanya kejadiannya saat melakukan aktivitas atau saat aktif, namun bisa juga terjadi saat istirahat. Kesadaran pasien umumnya menurun.
b.      Stroke Non Haemorhagic
Dapat berupa iskemia atau emboli dan thrombosis serebral, biasanya terjadi saat setelah lama beristirahat, baru bangun tidur atau di pagi hari. Tidak terjadi perdarahan namun terjadi iskemia yang menimbulkan hipoksia dan selanjutnya dapat timbul edema sekunder . Kesadaran umummnya baik.

Menurut perjalanan penyakit atau stadiumnya:
a.       TIA (Trans Iskemik Attack)
TIA adalah gangguan neurologis setempat yang terjadi selama beberapa menit sampai beberapa jam saja. Gejala yang timbul akan hilang dengan spontan dan sempurna dalam waktu kurang dari 24 jam.
b.      Stroke involusi
Stroke involusi adalah stroke yang terjadi masih terus berkembang dimana gangguan neurologis terlihat semakin berat dan bertambah buruk. Proses dapat berjalan 24 jam atau beberapa hari.
c.       Stroke komplit
Stroke komplit adalah jenis stroke dimana gangguan neurologi yang timbul sudah menetap atau permanen. Sesuai dengan istilahnya stroke komplit dapat diawali oleh serangan TIA berulang.

7.      Manifestasi Klinis
Stroke menyebabakan berbagai deficit neurologic, bergantung pada lokasi lesi (pembuluh darah mana yang tersumbat), ukuran area yang perfusinya tidak adekuat, dan jumlah aliran darah kolateral (skunder atau aksesori). Fungsi otak yang rusak tidak dapat membaik sepenuhnya.
a.       Kehilangan motorik.
      Stroke adalah penyakit motor neuron atas dan mengakibatkan kehilangan control volunter terhadap gerakan motorik. Karena neuron atas melintas, gangguan kontrol motor volunter pada salah satu sisi tubuh dapat menunjukan kerusakan pada neuron motor atas pada sisi yang berlawanan dari otak. Disfungsi motor paling umum adalah hemiplegia (paralisis pada salah satu sisi) karena lesi pada sisi otak yang berlawanan. Hemiparesis, atau kelemahan salah satu sisi tubuh, adalah tanda yang lain.
      Di awal tahapan stroke, gambaran klinis yang muncul biasanya adalah paralisis dan hilang atau menurunnya refleks tendon dalam. Apabila refleks tendon dalam ini muncul kembali (biasanya dalam 48 jam), peningkatan tonus disertai dengan spastisitas (peningkatan tonus otot abnormal) pada ekstremitas yang terken dapat dilihat.
b.      Kehilangan Komunikasi.
      Fungsi otak lain yang dipengaruhi oleh stroke adalah bahasa dan komunikasi. Stroke adalah penyebab afasia paling umum. Disfungsi bahasa dan komunikasi dapat dimanifestasikan oleh hal berikut :
1)      Disatria (kesulitan berbicara), ditunjukan dengan bicara yang sulit dimengerti yang disebabkan oleh paralisis otot yang bertanggung jawab untuk menghasilkan bicara.
2)      Disfasia atau afasia (bicara defektif atau kehilangan bicara), yang terutama ekspresif atau reseptif.
3)      Apraksia (ketidakmampuan untuk melakukan tindakan yang dipelajari sebelumnya), seperti terlihat ketika mengambil sisir dan berusaha untuk menyisir rambutnya.
c.       Gangguan persepsi.
      Persepsi adalah ketidakmampuan untuk menginterpretasikan sensasi. Stroke dapat mengakibatkan disfungsi persepsi visual, gangguan dalam hubungan visual-spasial dan kehilangan sensori. Disfungsi persepsi visual karena gangguan jaras sensori primer diantara mata dan korteks visual. Homonimus hemianopsia (kehilangan setengah lapang pandang) dapat terjadi karena stroke dan mungkin sementara atau permanen.
      Sisi visual yang terkena berkaitan dengan sisi tubuh yang paralisis.kepala pasien cenderung berpaling dari sisi tubuh yang sakit dan cenderung mengabaikan bahwa tempat dan ruang pada sisi tersebut; ini disebut amorfosintesis. Pada keadaan ini, pasien tidak mampu melihat makanan  pada setengah nampan, dan hanya setengah ruangan yang terlihat. Penting untuk perawat secara konstan mengingatkan pasien tentang sisi lain tubuhnya, mempertahankan kesejajaran ekstremitas dan, bila mungkin, menempatkan ekstremitas dimana pasien mampu melihatnya.
d.      Gangguan hubungan visual-spasial (mendapatkan hubungan dua atau lebih objek dalam area spasial)
      Sering terlihat pada pasien dengan hemiplegia kiri. Pasien mungkin tidak dapat memakai tanpa bantuan karena ketidakmampuan untuk mencocokan pakaian ke bagian tubuh. Untuk membantu pasien ini, perawat dapat mengambil langkah untuk mengatur lingkungan dan menyingkirkan perabot karena pasien dengan masalah persepsi mudah terdistraksi. Akan bermanfaat menganjurkan pasien memperlambat dan memberikan pengingat lembut tentang dimana objek ditempatkan.
e.       Kehilangan sensori
      Stroke dapat berupa kerusakan sentuhan ringan atau mungkin lebih berat, dengan kehilangan propriopsesi (kemampuan untuk merasakan posisi dan gerakan bagian tubuh) serta kesulitan dalam menginterpretasikan stimuli visual, taktil, dan auditorius.
f.       Kerusakan Fungsi Kognitif dan efek Psikologik.
      Bila kerusakan telah terjadi pada lobus frontal, mempelajari kapasitas, memori, atau fungsi intelektual kortikal yang lebih tinggi mungkin rusak. Disfungsi ini dapat ditunjukan dalam lapang pandang perhatian terbatas, kesulitan dalam pemahaman, lupa, dan kurang motivasi yang menyebabkan pasien ini menghadapi masalah frustasi dalam program rehabilitasi mereka. Depresi umum terjadi dan mungkin diperberat oleh respons alamiah pasien terhadap penyakit katastrofik ini. Masalah psikologik lain juga umum terjadi dan dimanifestasikan oleh labilitas emosional, bermusuhan, frustasi, dendam, dan kurang kerja sama.
g.      Disfungsi kandung kemih
      Setelah stroke pasien mungkin mengalami inkontinensia urinarius sementara karena konfusi, ketidakmampuan mengkomuniksikan kebutuhan, dan ketidakmampuan untuk mrnggunakan urinal / bedpan karena kerusakan control motorik dan postural. Kadang-kadang setelah stroke kandung kemih menjadi atonik, dengan kerusakan sensasi dalam respon terhadap pengisian kandung kemih. Kadang-kadang control sfingter urinarius eksternal hilang atau berkurang. Selam periode ini, dilakukan kateterisasi intermiten dengan teknik steril. Ketika tonus otot meningkat dan refleks tendon kembali, tonus kandung kemih meningkat dan kapasitas kandung kemih dapat terjadi. Karena indera kesadaran pasien kabur, inkontinensia urinarius menetap atau retensi urinarius mungkin stmtomatik karena kerusakan otak bilateral. Inkontinensia ani dan urine yang berlanjut menunjukan kerusakan neurologic yang luas.

h.      Pemeriksaan Diagnostik/Pemeriksaan Laboratorium
a.       CT Scan, memperlihatkan adanya edema , hematoma, iskemia dan adanya infark.
b.      Angiografi serebral membantu menentukan penyebab stroke secara spesifik seperti perdarahan atau obstruksi arteri.
c.       Fungsi lumbal : Menunjukan adanya tekanan normal, tekanan meningkat dan cairan yang mengandung darah menunjukan adanya perdarahan.
d.      MRI : Menunjukan daerah yang mengalami infark, hemoragik.
e.       Ultrasonografi Dopler : Mengidentifikasi penyakit arteriovena.
f.       Sinar X Tengkorak : Menggambarkan perubahan kelenjar lempeng pineal.

i.        Penatalaksanaan Medis
a.      Neuroproteksi
      Pada stroke iskemik akut, dalam batas-batas waktu tertentu sebagian besar cedera jaringan neuro dapat dipulihkan. Mempertahankan fungsi jaringan adalah tujuan dari apa yang disebut sebagai strategi neuroprotektif. Hipoternia adalah terapi neuroprotektif yang sudah lama digunakan pada kasus trauma otak dan terus diteliti pada stroke. Cara kerja metode ini adalah menurunkan aktivitas metaboisme dan tentu saja kebutuhan oksignen sel-sel neuron. Dengan demikian neuron terlindung dari kerusakan lebih lanjut akibat hipoksia berkepanjangan eksitotoksisitas yang dapat terjadi akibat jenjang glutamate yang biasanya timbul setelah cedera sel neuron. The Cleveland Clinic telah meneliti pemakaian selimut dingin dan mandi air es dalam 8 jam awitan gejala dan mempertahankan hipotermia ke suhu 89,6 oF selama 12 sampai 72 jam sementara pasien mendapat bantuan untuk mempertahankan kehidupan. Selama rehabilitasi, pasien ayng diberi terapi hipotermik cenderung mengalami lebih sedikit kecacatan (skala Rankin) dan daerah infark yang lebih kecil dari pada kelompok control (Abou-Chebl et al.,2001).
      Pendekatan lain untuk mempertahankan jaringan adalah pamakaian obat neuroprotektif. Banyak riset stroke yang meneliti obat yang dapat menurunkan metabolism neuron, mencegah pelepasan zat-zat toksik dari neuron yang rusak, atau memperkecil respons hipereksitatorik yang merusak dari neuron-neuron di penumbra iskemik yang mengelilingi daerah infark pada stroke. Meningkatkan pengetahuan tentang patofisiologi cedera sel otak iskemik telah mendorong para peneliti untuk berfokus pada pengembangan antagonis kalsium, antagonis glutamate, antioksidan, dan berbagai jenis obat neuroprotektif lainnya.
      Tantangan dalam mengusahakan neuroproteksi pascacedera adalah menemukan obat yang selektif untuk neuron iskemik, yaitu memiliki indeks terapeutik (dosis letal ÷ dosis terapeutik) yang baik (Salazar, Fulmor, Srinivas, 2000). Berbagai agen telah diuji, termasuk nitroksida (Leker, et al, 2000).suatu obat neuroprotektif yang menjanjikan, cerebrolisin (CERE) memiliki efek pada metabolism kalsium neuron dan juga memperlihatkan efek neurotrofik (Ladurner, 2001). Saat ini terdapat beragam obat dan senyawa obat mencegah dan mengobati secara akut stoke yang berada dalam berbagai tahap pengembangan. Karena sifat cedera sel otak iskemik yang multidimensi dan sekuensial, maka kecil kemungkinannya ada satu obat yang akan dapat melindungi secara total otak selama stroke; kemungkinan besar, diperlukan kombinasi beberapa obat agar potensi pemulihan dapat diupayakan secara penuh.

b.      Antikoagulasi
      The European Stroke Initiative (2000) merekomendasikan bahwa antikoagulan oral (INR 2,0 sampai 3,0) diindikasikan pada stroke yang disebabkan oleh fibrilasi atrium. Diperlukan antikoagulasi dengan derajat yang lebih tinggi (INR 3,0 sampai 4,0) untuk pasien stroke yang memiliki katup prostetik mekanis. Bagi pasien yang bukan merupakan kandidat untuk terapi warfarin (Coumadin), maka dapat digunakan aspirin tersendiri atau dalam kombinasi dengan dipiridamol sebagai terapi antitrombotik awal untuk profilaksis stroke.

c.       Trombolisis Intravena
      Satu-satunya yang telah disetujui oleh the US Food and Drugs Administration (FDA) untuk terapi stroke iskemik akut adalah activator plasminogen jaringan (TPA) bentuk rekombinan. Selelah disetujui pada bulan Juni 1996, TPA dapat digunakan untuk menghindari cedera otak, dan angka kematian nasional yang telah disesuaikan dengan usia untuk stroke berkurang 1,1 % sejak tahun 1995 (Peters at al., 1998). Keberhasilan ini mendorong diintensifkannya upaya-upaya untuk menyuluh masyarakat dan petugas kesehatan bahwa stroke adalah suatu kedaruratan dan bahwa gejala stroke akut harus diterapi sama segeranya seperti luka tembak di kepala.
      Dengan demikian terapi dengan TPA intravena tetap menjadi stndar keperawatan untuk stroke akut dalam tiga jam pertama setelah awitan gejala (National Institute of Health [NIH], 1995). Namun hanya 1 % sampai 2 % pasien yang saat ini mendapat terapi, biasanya karena mereka datang terlambat ke unit gawat darurat di luar batas waktu tiga jam. Risiko terbesar menggunakan terapi trombolitik adalah perdarahana intraserebrum. Dengan demikian terapi harus diguakan hanya bagi pasien yang telah disaring secara cermat dan yang tidak memenuhi satupun dari criteria eksklusif berikut :
a.       Gambaran perdarahan intrakranium berupa massa yang membesar pada CT
b.      Angiogram yang negative untuk adanya bekuan
c.       Peningkatan waktu protrombin/INR, yang mengisyaratkan kecenderungan perdarahan
d.      Adanya pembuluh dan luka yang belum sembuh dari trauma atau pembedahan yang baru saja terjadi
e.       Tekanan darah diastolic yang sangat tinggi; hilangnya autoregulasi adalah suatu resiko besar
      Selain itu, pasien dengan riwayat baru-baru ini pernah menggunakan kokain atau amfetamin sering disingkirkan karena risiko perdarahan dari pembuluh otak dibawah tekanan tinggi.
d.      Trombolisis Intraarteri
      Pemakaian trombolisis intraarteri untuk pasien dengan stroke iskemik akut sedang dalam penilaian, walaupun saat ini belum disetujui oleh FDA (Furlan et al., 1999). Pasien ayng berisiko besar mengalami perdarahan akibat terapi ini adalah mereka yang skor National Institute of Health Stroke Scale) (NIHSS)-nya tinggi, memerlukan waktu lebih lama untuk rekanalisasi pembuluh, kadar glukosa darah yang lebih tinggi, dan hitung trombosit yang rendah (Kidwell et al., 2001).
e.       Terapi Perfusi
      Serupa dengan upaya untuk memulihkan sirkulasi otak pada kasus vasospasme saat pemulihan dari perdarahan subaraknoid, pernah diusahakan induksi hipertensi sebagai usaha untuk meningkatkan tekanan darah arteri rata-rata sehingga perfusi otak dapat meningkat (Hillis et al., 2001).
f.       Pengendalian Edema dan Terapi Medis Umum
      Edema otak terjadi pada sebagian besar kasus infark serebrum iskemik, terutama pada keterlibatan pembuluh-pembuluh besar di daerah arteria serebri media. Terapi konservatif dengan membuat pasien sedikit dehidrasi, dengan natrium serum normal atau sedikit meningkat.

j.        Komplikasi
Komplikasi stroke meliputi :
a.          Hipoksia serebral diminimalkan dengan memberi oksigenasi darah adekuat ke otak. Fungsi otak bergantung pada ketersediaan oksigen yang dikirimkan ke jaringan Pemberian oksigen suplemen dan mempertahankan hemoglobin serta hematokrit pada tingkat dapat diterima akan membantu dalam mempertahankan oksigenasi jaringan.
b.         Aliran darah serebral bergantung pada tekanan darah, curah jantung, dan integritas pembuluh darah serebral. Hidrasi adekuat (cairan intravena) harus menjamin penurunan viskositas darah dan memperbaiki aliran darah serebral. Hipertensi atau hipotensi ekstrem perlu dihindari untuk mencegah perubahan pada aliran darah serebral dan potensi meluasnya area cedera.
c.          Embolisme serebral dapat terjadi setelah infark miokard atau fibrilasi atrium atau dapat berasal dari katup jantung prostetik. Embolisme akan menurunkan aliran darah ke otak dan selanjutnya menurunkan aliran darah ke otak dan selanjutnya menurunkan aliran darah serebral. Disritmia dapat mengakibatkan curah jantung tidak konsisten dan penghentian thrombus local. Selain itu, disritmia dapat menyebabkan embolus serebral dan harus diperbaiki.

k.      Perawatan Pasca Stroke
1)      Rehabilitasi Stroke
      Rehabilitasi stroke termasuk seluruh tujuan dari rehabilitasi lansia. Pencegahan komplikasi dan keterbatasan sekunder adalah hasil utama yang diharapkan. Peningkatan kualitas dan arti dalam hidup dengan keterbatasan dan deficit klien lansia juga merupakan hal yang penting bagi keberhasilan program rehabilitasi stroke. Selain memposisikan klien dan latihan rentang gerak , suatu program rehabilitasi stroke memfokuskan pada AKS. Aktivitas kehidupan sehari-hari termasuk makan, berdandan, hygiene, mandi, dan yang sejenisnya. Dengan melibatkan ahli terapi fisik dan okupasi dapat meningkatkan kemampuan perawat untuk merencanakan perawatan.
      Evaluasi tingkat sensorik motorik , pengukuran rentang gerak sendi , dan kekuatan otot adalah tujuan spesifik bagi ahli terapi dan perawat. Pemeriksaan genggaman , kekuatan trisep, dan keseimbangan memberikan data yang berharga untuk perencanaan strategi kompensasi untuk menyelesaikan tugas tugas perawatan diri. Propriosepsi, sensasi,dan tonus otot dievaluasi. Suatu pengkajian yang seksama juga termasuk tingkat deficit neurologis yang mungkin telah di alami oleh klien akibat stroke. Data tersebut termasuk kemampuan klien untuk mandi, berpakaian, makan, ke toilet, dan berpindah. Selain itu, status fungsi usus dan kandung kemih klien adalah informasi yang sangat penting untuk perencanaan perawatan. Fungsi penglihatan dan pendengaran dikaji dan setiap penyimpangan dimasukkan dalam pendekatan tim.
      Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kemandirian klien dengan terus memberikan peluang untuk melakukan tugas yang mampu ia lakukan. Perawat adalah kunci pemberi perawatan dalam proses rehabilitasi, mengkoordinasikan asuhan perawatan dan terapi rehabilitative. Dengan memperhatikan tujuan ini, perawat dapat memaksimalkan potensi klien tersebut.
2)      Kognisi dan komunikasi
      Konfusi, disorientasi, dan masalah komunikasi adalah akibat yang sering dari stroke. Masalah komunikasi dapat diakibatkan oleh afasia dan disartria, perawat perlu menyertakan teknik komunikasi yang memfasilitasi kemampuan klien untuk memahami kata-kata. Teknik komunikasi tersebut meliputi berbicara secara perlan-lahan, memberikan petunjuk sederhana(satu pada satu waktu), membatasi distraksi, dan mendengar secara aktif.Selain itu, menghubungkan kata-kata dengan objek,menggunakan pengulangan dan kata-kata yang banyak, dan mendorong keluarga untuk membawa objek kecil yang dikenal oleh klien dan untuk menyebutkan nama objek-objek tersebut dapat meningkatkan pola komunikasi.Dapat juga digunakan papan abjad,mesin tik,dan program computer untuk membantu pemahaman klien tentang lingkungannya. Mengevaluasi penglihatan dan pendengaran dapat juga membantu mengatasi masalah yang,sekali dapat diperbaiki, secara drastic akan meningkatkan komunikasi.
3)      Dukungan psikologis
      Klien lanjut usia mengalami berbagai kehilangan berdasar dengan terjadinya stroke, mencakup perubahan citra tubuh, fungsi tubuh, dan perubahan peran. Dukungan psikologis diarahkan agar dalam menghadapi kehilangan ini dapat mendorong keberhasilan adaptasi dan penyesuaian. Tujuan yang realistis dapat ditetapkan hanya setelah perawat mengkaji gaya hidup klien sebelumnya, tipe kepribadian, perilaku koping, dan aktivitas pekerjaan. Dengan menyediakan situasi untuk penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, perawat member klien suatu kesempatan untuk memperoleh kendali atas lingkungannya. Keadaan seperti itu dapat sederhana seperti membiarkan klien untuk memilih di antara dua aktivitas, untuk memutuskan waktu terapi, untuk memilih pakaian, dan untuk membuat pilihan makanan. Memfokuskan pada kekuatan dan kemampuan klien daripada terhadap deficit dapat mendorong harapan klien tersebut.
      Depresi sering terjadi dengan terjadinya kehilangan fungsi tubuh dan perubahan peran dan citra tubuh. Konsultasikan kepada seorang perawat kesehatan mental untuk membantu mengatasi masalah ini. Klienn lansia mungkin mengalami suatu perasaan isolasi dan pengasingan. Keluarga mungkin memerlukan dukungan emosional dan psikologis ketika berusaha untuk memahami apa arti kehilangan bagi klien. Jika kebutuhan untuk mendapatkan dukungan keluarga ini tidak diperhatikan, klien mungkin mempertimbangkan untuk bunuh diri.Ajarkan anggota keluarga tentang depresi dan peringatkan mereka terhadap tanda dan gejala yang penting dalam memberikan dukungan psikososial.
      Kelabilan emosional dan ledakan-ledakan mungkin terjadi setelah stroke. anggota keluarga yang telah diajarkan tentang strategi komunikasi dan bagaimana cara bermain peran dalam situasi yang potensial akan menjadi lebih percaya diri.dalam merawat klien. merujuk keluarga dan klien pada pelayanan pendukung seperti pelayanan kesehatan di rumah, Kelompok pendukung, dan respite care dapat mengurangi beban ketergantungan yang mungkin mengikuti stroke melibatkan manajemen factor-faktor yang pada akhirnya dapat membuat perbedaan dalam memelihara kemandirian maksimum dan menurunkan komplikasi sekunder yang dapat berkembang dari penyakit kronis yang melumpuhkan. (Mickey Stanley, Buku Ajar Keperawatan gerontik edisi 2. 2006)
      Gangguan emosional, terutama ansietas, frustasi dan depresi merupakan masalah umum yang dijumpai pada penderita pasca stroke. Korban stroke dapat memperlihatkan masalah-masalah emosional dan perilakunya mungkin berbeda dari keadaan sebelum mengalami stroke. Emosinya dapat labil, misalnya pasien mungkin akan menangis namun pada saat berikutnya tertawa, tanpa sebab yang jelas. Untuk itu, peran perawat adalah untuk memberikan pemahaman kepada keluarga tentang perubahan tersebut.
      Hal-hal yang bisa dilakukan perawat antara lain memodifikasi perilaku pasien seperti seperti mengendalikan simulasi di lingkungan, memberikan waktu istirahat sepanjang siang hari untuk mencegah pasien dari kelelahan yang berlebihan, memberikan umpan balik positif untuk perilaku yang dapat diterima atau perilaku yang positif, serta memberikan pengulangan ketika pasien sedang berusaha untuk belajar kembali satu ketrampilan.


E.     KONSEP DASAR ASUHAN KEPERAWATAN STROKE PADA LANSIA
1.      Pengkajian Keperawatan
a.      Aktivitas / istirahat
Gejala:
·         Kesulitan untuk melakukan aktivitas/kelemahan, kehilangan sensasi atau paralysis (hemiplagea)
Tanda :
·         Gangguan tonus otot (flaksid,spastis),paralitik (hemiplagia) dan terjadi kelemahan umum, gangguan pengelihatan, gangguan tingkat kesadaran.
b.      Sirkulasi
Gejala:
·         Adanya penyakit jantung (MI,reumatik/penyakit jantung   vaskuler,GJK,endokarditis bakterial),polisitemia,riwayat hipotensi postural
Tanda       :
·         Hipertensi arterial (dapat ditemukan/terjadi pada CSV) sehubungan dengan adanya embolisme/malformasi vaskuler.
·         Nadi : frekuensi dapat bervariasi (karena ketidakstabilan fungsi jantung/ kondisi jantung, obat-obatan, efek stroke pada pusat vasomotor)
·         Disritmia , perubahan EKG
c.       Integritas ego
Gejala:
·         Perasaan tidak berdaya, perasaan putus asa
Tanda:
·         emosi yang labil dan ketidaksiapan untuk marah, sedih dan  gembira. Kesulitan untuk mengekspresikan diri.
d.      Eliminasi
Gejala       :
·         Perubahan pola berkemih, seperti inkontinensia urine,anuria
·         Distensi abdomen (distensi kandung kemihberlebihan), bising usus negative (ileus paralitik)
e.       Makanan / cairan
Gejala:
·         Nafsu makan hilang,
·         Mual muntah selama fase akut (peningkatan TIK),
·         Disfagia, adanya riwayat diabetes, peningkatan lemak dalam darah.
Tanda:
·         Kesulitan menelan (gangguan pada refleks palatum dan faringeal). Obesitas factor risiko

f.       Neurosensori
Gejala:
·         Sinkope/pusing (sebelum serangan CVS/selama TIA)
·         Sakit kepala ; akan sangat berat dengan adanya perdarahan intraserebral atau subarakhnoid
·         Kelemahan/kesmutan/kebas (biasanya terjadi selama serangan TIA, yang ditemukan dalam berbagai derajat pada stroke jenis yang lain); sisi yang terkenaterlihat seperti “mati/lumpuh”
·         Penglihatan menurun, seperti buta total, kehilangan daya lihat sebagian (kebutaan monokuler),penglihatan ganda (diplopia) atau gangguan yang lain
·         Sentuhan : hilangnya rangsangan sensorik kontralateral (pada sisi tubuh yang berlawanan)pada ekstremitas dan kadang-kadang pada ipsilateral (yang satu sisi)pada wajah.
Tanda:
·         Status mental tingkat kesadaran: biasanya terjadi koma pada tahap awal hemoragis; ketidaksadaran biasanya akan tetap sadar jika penyebabnya adalah trombosis yang bersifat alami; gangguan tingkah laku (seperti letargi, apatis, menyerang); gangguan fungsi kognitif (seperti penuruna memori, pemecahan masalah). Ekstremitas: kelemahan/paralysis (kontralateral pada semus jenis stroke), genggaman tidak sama, refleks tendon melemah secara kolateral
·         Pada wajah terjadi paralysis atau parese (ipsilateral)
·         Afasia : gangguan atau kehilangan fungsi  bahasa mungkin afasia motorik (kesulitan untuk mengungkapkan kata),reseptif (afisia sensorik) yaitu kesulitan untuk memahami kata-kata secara bermakna atau afasia global yaitu gabungan dari kedua hal di atas
·         Kehilangan kemampuan untuk mengenali masuknya rangsangan visual,pendengaran,taktil(agnosia), seperti gangguan kesadaran terhadap citra tubuh, kewaspadaan, kelalaian terhadap bagian tubuh yang terkena, gangguan persepsi
·         Ukuran/ reaksi pupil tidak sama, dilatasi atau miosis pupil ipsilateral (perdarahan/herniasi)
g.      Nyeri/kenyamanan
Gejala:
·         Sakit kepala dengan intensitas yang berbeda-beda ( karena arteri karotis terkena)
Tanda:
·         Tingkah laku yang tidak stabil, gelisah, ketegangan pada otot/fasia
h.      Pernapasan
Tanda:
·         Ketidakmampuan menelan/batuk/hambatan jalan nafas
i.        Keamanan
Tanda:
·         Perubahan persepsi terhadap orientasi tempat tubuh (stroke kanan). Kesulitan untuk melihat objek dari sisi kiri ( pada stroke kanan). Hilang kewaspadaan pada bagian tubuh yang sakit.
·         Tidak mampu mengenali objek, kata, dan wajah yang pernah dikenalnya dengan baik.
·         Gangguan dalam memutuskan, perhatian sedikit terhadap keamanan, tidak sabar/kurang kesadaran diri ( stroke kanan)
j.        Interaksi sosial
Tanda:
·         Masalah bicara, ketidakmampuan untuk berkomunikasi

Hasil Pengkajian Khusus

1.      Masalah kesehatan kronis

No
Keluhan kesehatan / gejala yang di rasakan kelayan dalam waktu 3 bulan terakhir berkaitan dengan fungsi – fungsi
Selalu (3)
Sering(2)
Jarang (1)
Tidak pernah (0)
A.     
Fungsi penglihatan
1. Penglihatan kabur
2.      Mata berair
3.      Nyeri pada mata
B.      
Fungsi pendengaran
1.      Penedengaran berkurang
2.      Telinga berdenging
C.      
Fungsi paru (Pernafasan)
1.      Batuk lama disertai keringat malam
2.      Sesak nafas
3.      Berdahak / sputum
D.     
Fungsi Jantung
1.      Jantung berdebar-debar
2.      Cepat lelah
3.      Nyeri dada
E.      
Fungsi pencernaan
1.      Mual /  muntah
2.      Nyeri ulu hati
3.      Makan dan minum banyak
4.      Perubahan kebiasaan BAB (mencret atau sembelit)
F.       
Fungsi pergerakan
1.      Nyeri kaki saat berjalan
2.      Nyeri pinggang atau tulang belakang
3.      Nyeri persendian atau bengkak
H.
Fungsi persarafan
1.      Lumpuh atau kelemahan pada kaki dan tangan
2.      Kehilangan rasa
3.      Gemetar / tremor
4.      Nyeri / pegal pada daerah tengkuk
I.
Fungsi saluran perkemihan
1.      BAK banyak
2.      sering BAK pada malam hari
3.      tidak mampu mengontrol pengeluaran air kemih
Jumlah
6
4
15
0
Total
25

Analisis hasil :
Score   : ≤ 25   : tidak ada masalah kesehatan kronis
Score   : 26-50 : masalah kesehatan kronis sedang
Score   : ≥ 51   : masalah kesehatan kronis berat

Kesimpulan : dari data di atas dapat disimpulkan bahwa kelayan tidak mengalami gangguan kesehatan kronis.

2.      Fungsi kognitif
No
Item pertanyaan
Benar
Salah
1.
Hari apa sekarang ?
Jawab
: Selasa
2.
Tanggal berapa sekarang?
Jawab
: 17 April
3.
Apa nama tempat ini?
Jawab
: Toilet
4.
Dimana Alamat Bapak / ibu?
Jawab
:  Bali
5.
Berapa umur Bapak / ibu sekarang?
Jawab
: lahir 1965
6.
Kapan Bapak / Ibu lahir?
Jawab
: Lupa
7.
Siapa Presiden Indonesia sekarang?
Jawab
: Lupa
8.
Siapa Presiden Indonesia sebelumnya?
Jawab
: Lupa
9.
Siapa nama ibu anda?
Jawab
: Susi
10.
Coba hitung dari angka 20 dengan pengurangan 3?
Jawab 
: 17, 14, 11, 8, 5, 2
Jumlah salah
4

Analisis hasil :
Salah 0 – 3  Fungsi intelektual utuh
Salah 4 – 5  kerusakan intelektual ringan
Salah 6 – 8  kerusakan intelektual sedang
Salah 9 – 10 kerusakan intelektual berat

Kesimpulan : dari data di atas didapatkan hasil kesalahan 4 point, dapat disimpulkan bahwa kelayan mengalami kerusakan intelektual ringan.

3.      Status fungsional

No
Aktivitas
Mandiri 
( 1 )
Tergantung (0 )
1.
Di kamar mandi  (menggosok, membersihkan, dan mengeringkan badan)
2.
Menyiapkan pakaian, membuka pakaian,mengenakannya
3.
Memakan makanan yang telah di siapkan
4.
Memelihara kebersihan diri untuk penampilan diri (menyisir rambut, mencuci rambut, menggosok gigi, mencukur kumis)
5.
BAB di WC (membersihkan dan mengeringkan daerah kemaluan)
6.
Dapat mengontrol pengeluaran feses (tinja)
7.
Buang BAK di kamar mandi (membersihkan dan mengeringkan daerah kemaluan)
8.
Dapat mengontrol pengeluaran kemih
9.
Berjalan di lingkungan tempat tinggal atau keluar ruangan tanpa alat bantu, seperti tongkat
10.
Menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan yang dianut
11. 
Melakukan pekerjaan rumah, seperti: merapihkan tempat tidur, mencuci pakaian, memasak, dan membersihkan ruangan.
12.
Berbelanja untuk kebutuhan sendiri atau kebutuhan keluarga.
13.
Mengelola keuangan (menyimpan dan menggunakan uang sendiri)
14.
Menggunakan sarana sarana transportasi umum untuk bepergian.
15.
Menyiapkan obat dan minum obat sesuai dengan aturan (takaran obat dan waktu minum obat tepat)
16.
Merencanakan dan mengambil keputusan untuk kepentingan keluarga dalam hal penggunaan uang, aktifitas social yang dilakukan dan kebutuhan akan layanan kesehatan.
17.
Melakukan aktifitas diwaktu luang (kegiatan keagamaan, social, rekreasi, olahraga, dan menyalurkan hoby)
JUMLAH POIN MANDIRI
8

Analisis hasil :
Point    : 13-17 : mandiri
Point    : 0-12   : ketergantungan

Kesimpulan : dari data di atas  dapat disimpulkan bahwa aktivitas kelayan dalam kehidupan sehari- hari dilakukan dengan bantuan dibuktikan dengan point mandiri sejumlah 8 point dan point.

4.      Status psikologis

No.
Apakah bapak atau ibu dalam 1 minggu terakhir
Ya
Tidak
1.
Merasa puas dengan kehidupan yang di jalani
2.
Banyak meninggalkan kesenangan dari minat dan kesenangan dan aktifitas anda
3.
Merasa bahwa kehidupan anda hampa
4.
Sering merasa bosan
5
Penuh pengharapan akan masa depan
6
Mempunyai semangat yang baik setiap waktu
7
Diganggu oleh pikiran-pikiran yang tidak dapat diungkapkan
8
Merasa bahagia disebagian besar waktu
9
Merasa takut sesuatu akan terjadi pada anda
10
Sering kali merasa tidak berdaya
11
Sering merasa gelisah dan gugup
12
Memilih tinggal dirumah dari pada pergi melakukan sesuatu yang bermanfaat
13
Sering kali merasa khawatir akan masa depan
14
Merasa mempunyai lebih banyak masalah dengan daya ingat dibanding orang lain
15
Berfikir bahwa hidup ini sangat menyenangkan sekarang
16
Sering kali merasa merana
17
Merasa kurang bahagia
18
Sangat khawatir terhadap masa lalu
19
Merasa bahwa hidup ini sangat menggairahkan
20
Merasa berat untuk memulai sesuatu hal yang baru
21
Merasa dalam keadaan penuh semangat
22
Berfikir bahwa keadaan anda tidak ada harapan
23
Berfikir bahwa banyak orang yang lebih baik daripada anda
24
Sering kali menjadi kesal dengan hal yang sepele
25
Sering kali merasa ingin menangis
26
Merasa sulit untuk berkonsentrasi
27
Menikmati tidur
28
Memilih menghindar dari perkumpulan sosial
29
Mudah mengambil keputusan
30
Mempunyai pikiran yang jernih
JUMLAH ITEM YANG TERGANGGU
16

Analisa hasil :
Terganggu :
Nilai 1


          Normal : nilai 0
Nilai 6-15 : depresi ringan sampai sedang
Nilai 16-30 : depresi berat
Nilai 0-5 : normal


       PEMERIKSAAN FISIK

1.      Sistem Respirasi (Breathing) : batuk, peningkatan produksi sputum, sesak nafas, penggunaan otot bantu nafas, serta perubahan kecepatan dan kedalaman pernafasan. Adanya ronchi akibat peningkatan produksi sekret dan penurunan kemampuan untuk batuk akibat penurunan kesadaran klien. Pada klien yang sadar baik sering kali tidak didapati kelainan pada pemeriksaan sistem respirasi.
2.      Sistem Cardiovaskuler (Blood) : dapat terjadi hipotensi atau hipertensi, denyut jantung irreguler, adanya murmur
3.      Sistem neurologi
a.       Tingkat kesadaran: bisa sadar baik sampai terjadi koma. Penilaian GCS untuk menilai tingkat kesadaran klien
b.      Refleks Patologis. Refleks babinski positif menunjukan adanya perdarahan di otak/ perdarahan intraserebri dan untuk membedakan jenis stroke yang ada apakah bleeding atau infark
c.       Pemeriksaan saraf kranial
1)      Saraf I: biasanya pada klien dengan stroke tidak ada kelainan pada fungsi penciuman
2)      Saraf II: disfungsi persepsi visual karena gangguan jarak sensorik primer diantara sudut mata dan korteks visual. Gangguan hubungan visula-spasial sering terlihat pada klien dengan hemiplegia kiri. Klien mungkin tidak dapat memakai pakaian tanpa bantuan karena ketidakmampuan untuk mencocokkan pakaian ke bagian tubuh.
3)      Saraf III, IV dan VI apabila akibat stroke mengakibatkan paralisis seisi otot-otot okularis didapatkan penurunan kemampuan gerakan konjugat unilateral disisi yang sakit
4)      Saraf VII persepsi pengecapan dalam batas normal, wajah asimetris, otot wajah tertarik ke bagian sisi yang sehat
5)      Saraf XII lidah asimetris, terdapat deviasi pada satu sisi dan fasikulasi. Indera pengecapan normal.
d.      Sistem perkemihan (Bladder) : terjadi inkontinensia urine
e.       Sistem reproduksi: hemiparese dapat menyebabkan gangguan pemenuhan kebutuhan seksual
f.       Sistem endokrin: adanya pembesaran kelejar kelenjar tiroid
g.      Sistem Gastrointestinal (Bowel) : adanya keluhan sulit menelan, nafsu makan menurun, mual dan muntah pada fase akut. Mungkin mengalami inkontinensia alvi atau terjadi konstipasi akibat penurunan peristaltik usus. Adanya gangguan pada saraf V yaitu pada beberapa keadaan stroke menyebabkan paralisis saraf trigeminus, didapatkan penurunan kemampuan koordinasi gerakan mengunyah, penyimpangan rahang bawah pada sisi ipsilateral dan kelumpuhan seisi otot-otot pterigoideus dan pada saraf IX dan X yaitu kemampuan menelan kurang baik, kesukaran membuka mulut.
h.      Sistem muskuloskeletal dan integument : kehilangan kontrol volenter gerakan motorik. Terdapat hemiplegia atau hemiparesis atau hemiparese ekstremitas. Kaji adanya dekubitus akibat immobilisasi fisik.
2.    Diagnosa Keperawatan
1. Ketidakefektifan pola nafas berhubungan dengan penekanan pada saluran nafas
2.      Ketidakefektifan perfusi jaringan otak berhubungan suplai darah ke jaringan serebral tidak adekuat.
3.      Hambatan mobilitas fisik berhubungan dengan hemiparese/ hemiplagia, kerusakan neuromuskular pada ekstremitas.
4.      Hambatan komunikasi verbal berhubungan dengan efek dari kerusakan pada area bicara di hemisfer otak
5.      Resiko kerusakan integritas kulit berhubungan dengan hemiparesis,/hemiplegia, penurunan mobilitas
6.      Defisiensi pengetahuan berhubungan dengan kurangnya informasi yang diterima pasien tentang penyakit dialami


3.      Perencanaan Keperawatan
Hari/Tgl
No Dx
Rencana Perawatan
TTD
Tujuan dan Kriteria Hasil
Intervensi
Rasional
1
Setelah diberikan asuhan keperawatan selama…x24 jam, diharapkan pola nafas pasien kembali efekti dengan kriteria hasil:
·         TTV dalam rentang normal (Suhu: 36,5-37,5ºC, Nadi (60-80x/mnt, RR 12-20x/menit, TD 100/80-120/80  mmHg).
·         Menunjukkan jalan nafas yang paten (klien tidak merasa tercekik, irama nafas normal, bunyi napas normal, Rh -/- dan pergerakan pernapasan normal)
·      Kaji frekuensi, kedalaman pernafasan dan ekspansi dada. Catat upaya pernafasan termasuk penggunaan otot bantu pernafasan
·     Auskultasi bunyi nafas dan catat adanya bunyi nafas krekels, mengi

·      Beri posisi semifowler
·         Ajarkan dan jelaskan tujuan penggunaan oksigen
·         Kolaborasi dengan dokter tentang pemberian oksigen sesuai indikasi
·      Kecepatan biasanya meningkat. kedalaman pernafasan bervariasi tergantung pada jumlah cairan pleura yang menekan paru. Ekspansi dada terbatas oleh karena nyeri dada pleuritik.


·         Bunyi nafas menurun/tak ada bila jalan nafas obstruksi sekunder terhadap perdarahan, dan bekuan. Ronchi dan mengi menyertai obstruksi jalan nafas
·         Memaksimalkan ekspansi paru.
·         Edukasi yang baik akan membuat pasien lebih mengerti tentang tindakan yang diberikan perawat
·         Memaksimalkan pertukaran oksigen secara terus menerus dengan tekanan yang sesuai


2
Setelah diberikan asuhan keperawatan selama ….x24 jam diharapkan perfusi jaringan tercapai secara optimal dengan kriteria hasil :
·         TTV dalam batas normal (TD: 100-120/80 mmHg, RR: 12-20x/menit, N: 60-100x/menit, S= 36,5-37,5oC)
·         Mendemonstrasikan kemampuan kognitif yang ditandai dengan berkomunikasi dengan jelas dan sesuai dengan kemampuan, menunjukkan perhatian, konsentrasi dan orientasi.
·         GCS  4, 5, 6
·         Pupil isokor
·         Refleks cahaya (+)
·      Kaji tanda-tanda vital pasien

·      Baringkan pasien (bed rest) total dengan posisi tidur telentang tanpa bantal.
·      Ciptakan lingkungan yang tenang dan batasi pengunjung
·      Bantu pasien untuk membatasi muntah, batuk,anjurkan klien menarik nafas apabila bergerak atau berbalik dari tempat tidur.
·      Ajarkan pasien dan keluarga pasien untuk mengindari pasien batuk dan mengejan berlebihan.
·      Kolaborasi dengan dokter untuk pemberian terapi sesuai intruksi,seperti :steroid, aminofel, antibiotika.
·         Mengetahui keadaan umum pasien & intervensi selanjutnya
·         Untuk monitor tanda-tanda status neurologis dengan GCS.


·         Rangsangan aktivitas dapat meningktkan tekanan intracranial.

·         Aktivitas ini dapat meningkatkan tekanan intracranial dan intraabdoment dan dapat melindungi diri diri dari valsava.



·         Batuk dan mengejan dapat meningkatkan tekanan intrkranial dan poteensial terjadi perdarahan ulang.



·         Tujuan yang di berikan dengan tujuan: menurunkan premeabilitas kapiler,menurunkan edema serebri,menurunkan metabolic sel dan kejang.



3
Setelah diberikan asuhan keperawatan selama ….x24 jam klien mampu meningkatkan aktivitas fisik yang sakit atau lemah dengan kriteria hasil:
·         Ekstremitas tidak tampak lemah
·         Klien meningkat dalam aktivitas fisik seperti ekstremitas yang lemah dapat diangkat dan digerakkan secara mandiri, ekstremitas yang lemah dapat menahan posisi tubuh saat miring kanan atau kiri
·         Mengerti tujuan dari peningkatan mobilitas
·      Kaji tanda-tanda vital pasien

·      Observasi kemampuan mobilitas pasien



·         Ubah posisi pasien tiap 2 jam



·         Ajarkan pasien untuk melakukan latihan gerak aktif pada ekstrimitas yang sakit
·         Anjarkan pasien melakukan gerak pasif pada ekstrimitas yang tidak sakit
·         Jelaskan pada pasien dan keluarga akibat dari terjadinya imobilitas fisik
·         Kolaborasi dengan ahli fisioterapi untuk latihan fisik klien
·         Mengetahui keadaan umum pasien & intervensi selanjutnya
·         Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan gerak pasien setelah di lakukan latihan dan untuk menentukan intervensi selanjutnya
·         Menurunkan resiko terjadinnya iskemia jaringan akibat sirkulasi darah yang jelek pada daerah yang tertekan
·         Gerakan aktif memberikan dan memperbaiki massa, tonus dan kekuatan otot serta memperbaiki fungsi jantung dan pernapasan
·         Mencegah otot volunter kehilangan tonus dan kekuatannya bila tidak dilatih untuk digerakkan

·         Imobilitas fisik akan menyebabkan otot-otot menjadi kaku sehingga penting diberikan latihan gerak.
·         Peningkatan kemampuan daam mobilisasi ekstremitas dapat ditingkatkan dengan latihan fisik dari tim fisioterapi


4
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama ….x24 jam diharapkan proses komunikasi klien dapat berfungsi secara optimal dengan kriteria hasil:
·         Terciptanya suatu komunikasi dimana kebutuhan klien dapat terpenuhi
·         Klien mampu merespon setiap berkomunikasi secara verbal maupun isyarat.

·         Dengarkan dan antisipasi setiap kebutuhan klien saat berkomunikasi
·         Berikan metode alternatif komunikasi misalnya bahasa isyarat
·         Bicaralah dengan klien secara pelan dan gunakan pertanyaan yang jawabannya “ya” atau “tidak”
·         Ajarkan kepada keluarga untuk tetap berkomunikasi dengan klien
·         Konsultasikan dengan dokter untuk kebutuhan terapi wicara
·         Mencegah rasa putus asa dan ketergantungan pada orang lain


·         Memenuhi kebutuhan komunikasi sesuai dengan kemampuan klien


·         Mengurangi kecemasan dan kebinggunan pada saat berkomunikasi.




·         Mengurangi rasa isolasi sosial dan meningkatkan komunikasi yang efektif


·         Melatih klien berbicara secara mandiri dengan baik dan bena



5
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama ….x24 jam diharapkan  pasien mampu mempertahankan keutuhan kulit, dengan kriteria hasil :
·         Integritas kulit yang baik bisa dipertahankan (sensasi, elastisitas, temperatur, hidrasi, pigmentasi)
·         Tidak ada luka/lesi pada kulit
·         Pasien dan keluarga menunjukkan pemahaman dalam proses perbaikan kulit dan pencegahan cidera berulang
·         Mampu melindungi kulit dan mempertahankan kelembapan kulit
·         Monitor aktivitas dan mobilisasi klien

·         Observasi terhadap eritema, kepucatan dan palpasi area sekitar terhadap kehangatan dan pelunakan jaringan tiap mengubah posisi
·         Mobilisasi pasien (ubah posisi) setiap 2 jam sekali
·         Memandikan pasien dengan sabun dan air hangat dan oleskan body lotion .baby oil pada daerah yang tertekan
·         Ajarkan pasien dan keluarga untuk melakukan latihan mobilisasi
·         Kolaborasi dengan dokter untuk pemberian obat sesuai indikasi
·         Mobilisasi dapat membantu mencegah luka yang berlanjut pada area yang tidak terluka.
·         Mempertahankan keutuhan kulit







·         Menghindari tekanan yang berlebihan pada daerah yang menonjol

·         Meningkatkan rasa nyaman dan menghindari kerusakan-kerusakan kapiler





·         Menghindari tekanan dan meningkatkan aliran darah.



·         Pemberian obat sesuai indikasi akan membantu dalam proses kesembuhan pasien



6
Setelah diberikan asuhan keperawatan selama …x 24jam diharapkan pasien mengerti tentang penyakit yang diderita dengan dengan kriteria hasil :
·         Pasien dan keluarga menyatakan pemahaman tentang penyakit, kondisi, prognosis dan program pengobatan.
·         Pasien dan keluarga mampu melaksanakan prosedur yang dijelaskan secara benar
·         Pasien dan keluarga mampu menjelaskan kembali apa yang dijelaskan perawat/tim kesehatan lainnya
·         Kaji tingkat pengetahuan pasien dan keluarga

·         Sediakan bagi keluarga informasi tentang kemajuan pasien dengan cara yang tepat
·         Berikan gambaran dan penjelasan proses penyakit dengan tepat

·         Kolaborasi dengan dokter dalam penjelasan pengobatan yang akan dilakukan kepada pasien
·         Mengetahui sejauh mana pengetahuan yang dimiki pasien dan keluarga dan kebenaran informasi yang didapat.
·         Penyediaan informasi yang baik memudahkan keluarga untuk mendapat informasi tentang kondisi pasien


·         Penjelasan yang tepat  tentang kondisi yang sedang dialami dapat membantu menambah wawasan pasien dan keluarga
·         Menambah pemahaman keluarga tentang medikasi yang diberikan

                 
4.      Implementasi Keperawatan
Implementasi keperawatan adalah melaksanakan intervensi keperawatan. Implementasi merupakan komponen dari proses keperawatan yaitu kategori dari perilaku keperawatan dimana tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan kriteria hasil yang diperlukan dari asuhan keperawatan dilakukan dan diselesaikan. Implementasi mencakup melakukan membantu dan mengarahkan kerja aktivitas kehidupan sehari-hari. Implementasi keperawatan sesuai dengan intervensi yang telah dibuat.

5.      Evaluasi Keperawatan
a.       Diagnosa 1            : Pola nafas kembali efektif
b.      Diagnosa 2            : Proses perfusi jaringan tercapai secara optimal
c.       Diagnosa 3            :Hambatan mobilitas fisik tidak terjadi, klien mampu meningkatkan aktivitas fisik yang sakit atau lemah
d.      Diagnosa 4            : Proses komunikasi klien dapat berfungsi secara optimal
e.       Diagnosa 5            : Gangguan integritas kulit berkurang, diharapkan  pasien mampu mempertahankan keutuhan kulit,
f.       Diagnosa 6            : Defisiensi pengetahuan tidak terjadi, pasien mengerti tentang penyakit yang diderit
DAFTAR PUSTAKA

Amin Huda Nuratif, Hardhi Kusuma. 2013. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA NIC-NOC. Jilid 2. Yogyakarta.

Brunner & Suddarth. 2001. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah.Volume 3 Jakarta: EGC.

Efendi dan Makfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika

Doenges, Marilynn E, dkk.  2001.  Rencana Asuhan Keperawatan : Pedoman untuk Perencanaan dan Pendokumentasian Perawatan Pasien. Jakarta : EGC



http://hiburan.metrotvnews.com/read/2014/05/21/244211/hati-hati-stroke-penyebab-utama-kematian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar