Laman

Welcome to My Blog | RistaLikestar.blogspot.com | it's fun blog | Sharing | thank's for your visit |

Jumat, 08 Agustus 2014

Perkembangan Antropologi Kesehatan

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Antropologi Kesehatan adalah cabang dari antropologi terapan yang menangani berbagai aspek dari kesehatan dan penyakit (Weaver, 1968;1). Antropologi kesehatan sebagai ilmu akan memberikan suatu sumbangan pada pengemban pelayanan kesehatan, termasuk didalamnya obstetri ginekologi sosial. Bentuk dasar sumbangan keilmuan tersebut berupa pola pemikiran, cara pandang atau bahkan membantu dengan paradigma untuk menganalisis suatu situasi kesehatan, berdasarkan perspektif yang berbeda dengan sesuatu yang telah dikenal para petugas kesehatan saat ini.
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, berbagai ilmu yang menunjang profesi sangat diperlukan guna mendukung tenaga kerja yang profesional. di dalam bidang kesehatan itu sendiri, khususnya perawat berbagai bidang ilmu yang mencakup bidangnya sangat penting untuk dikuasai dan dipahami. salah satunya yaitu antropologi kesehatan.
Di dalam antropologi kesehatan itu sendiri tercakup materi mengenai perkembangan antropologi kesehatan dimana di dalam perkembangannya menyangkut hal-hal yang penting untuk dipelajari, yaitu : hubungan antara sosial budaya dan biologi yang merupakan dasar dari perkembangan antro kesehatan, perkembangan antro kesehatan dari sisi biological pole, perkembangan antro kesehatan darsi sisi sosiocultural pole, beda antara perkembangan antro kesehatan biological pole dan sosiocultural pole, dan kegunaan antro kesehatan. Maka dari itu kami membuat makalah yang menyangkut tentang antropologi kesehatan.







B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian antropologi kesehatan?
2.      Apakah hubungan antara sosial budaya dan biologi yang merupakan dasar dari perkembangan antro kesehatan?
3.      Bagaimana perkembangan antro kesehatan dari sisi biological pole?
4.      Bagaimana perkembangan antro kesehatan dari sisi biological pole?
5.      Apakah beda antara perkembangan antro kesehatan biological pole dan sosiocultural pole?
6.      Apakah kegunaan antro kesehatan?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui pengertian antropologi kesehatan.
2.      Mengetahui hubungan antara sosial budaya dan biologi yang merupakan dasar dari perkembangan antro kesehatan.
3.      Mengetahui perkembangan antro kesehatan dari sisi biological pole.
4.      Mengetahui perkembangan antro kesehatan dari sisi sosiocultural pole.
5.      Mengetahui beda antara perkembangan antro kesehatan biological pole dan sosiocultural pole.
6.      Mengetahui kegunaan antro kesehatan.










BAB II
PEMBAHASAN

A.    Antropologi Kesehatan
Antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti "manusia", dan logos yang berarti ilmu. Menurut Koentjaraningrat (1981 : 11) antropologi berarti “ilmu tentang manusia.” Antropologi kesehatan adalah studi tentang pengaruh unsur-unsur budaya terhadap penghayatan masyarakat tentang penyakit dan kesehatan (Solita Sarwono, 1993).
Antropologi Kesehatan adalah disiplin yang memberi perhatian pada aspek-aspek biologis dan sosio-budya dari tingkahlaku manusia, terutama tentang cara-cara interaksi antara keduanya disepanjang sejarah kehidupan manusia, yang mempengaruhi kesehatan dan penyakit pada manusia (Foster/Anderson, 1986; 1-3).
Antropologi Kesehatan adalah studi mengenai konfrontasi manusia dengan penyakit dan keadaan sakit, dan mengenai susunan adaptif (yaitu sistem medis dan obat-obatan) dibuat oleh kelompok manusia untuk berhubungan dengan bahaya penyakit pada manusia sekarang ini. (Landy, 1977). Landy juga menyatakan bahwa terdapat tiga generalisasi yang pada umumnya disetujui oleh ahli antropologi, yaitu:
1.    Penyakit dalam beberapa bentuk merupakan kenyataan universal dari kehidupan menusia. Ini terjadi dalam keseluruhan waktu, tempat dan masyarkaat,
2.    Kelompok manusia mengembangkan metode dan peran-peran yang teralokasi, sama dengan sumber daya dan struktur mereka untuk meniru dengan atau merespon penyakit,
3.    Kelompok manusia mengembangkan beberapa set kepercayaan, pengertian dan persepsi yang konsisten dengan matriks budaya mereka, untuk menentukan atau menyadari penyakit. Menurut Landy, Masyarakat yang berbeda, dengan budaya yang berbeda, memiliki pandangan yang berbeda pula terhadap kesehatan dan penyakit, dan juga berbeda ketika memperlakukan si pasien.
Uraian sejarah muncul dan perkembangan antropologi kesehatan dibuat menurut urutan waktu cetusannya:


  1. Tahun 1849
Rudolf Virchow, ahli patologi Jerman terkemuka, yang pada tahun 1849 menulis apabila kedokteran adalah ilmu mengenai manusia yang sehat maupun yang sakit, maka apa pula ilmu yang merumuskan hukum-hukum sebagai dasar struktur sosial, untuk menjadikan efektif hal-hal yang inheren dalam manusia itu sendiri sehingga kedokteran dapat melihat struktur sosial yang mempengaruhi kesehatan dan penyakit, maka kedokteran dapat ditetapkan sebagai antropologi. Namun demikian tidak dapat dikatakan bahwa Vichrow berperan dalam pembentukan asal-usul bidang Antropologi Kesehatan tersebut., munculnya bidang baru memerlukan lebih dari sekedar cetusan inspirasi yang cemerlang.

  1. Tahun 1953
Sejarah pertama tentang timbulnya perhatian Antropologi Kesehatan terdapat pada tulisan yang ditulis Caudill berjudul “Applied Anthropology in Medicine”. Tulisan ini merupakan tour the force yang cemerlang , tetapi meskipun telah menimbulkan antusiasme, tulisan itu tidaklah menciptakan suatu subdisiplin baru.

  1. Tahun 1963
Sepuluh tahun kemudian, Scoth memberi judul “Antropologi Kesehatan” dan Paul membicarakan “Ahli Antropologi Kesehatan” dalam suatu artikel mengenai kedokteran dan kesehatan masyarakat. Setelah itu baru ahli-ahli antropologi Amerika benar-benar menghargai implikasi dari penelitian-penelitian tentang kesehatan dan penyakit bagi ilmu antropologi. Pengesahan lebih lanjut atas subdisiplin Antropologi Kesehatan ini adalah dengan munculnya tulisan yang dibuat Pearsall (1963) yang berjudul Medical Behaviour Science yang berorientasi antropologi, sejumlah besar (3000 judul) dari yang terdaftar dalam bibliografi tersebut tak diragukan lagi menampakan pentingnya sistem medis bagi Antropologi.

B.     Hubungan antara Sosial Budaya dan Biologi yang merupakan Dasar dari Perkembangan Antropologi Kesehatan.
Hubungan antara social budaya dan biologi yang merupakan dasar dari perkembangan antropologi kesehatan yaitu masalah kesehatan merupakan masalah kompleks yang merupakan resultant dari berbagai masalah lingkungan yang bersifat alamiah maupun masalah buatan manusia, social budaya, perilaku, populasi penduduk, genetika, dan sebagainya. Derajat kesehatan masyarakat yang disebut sebagai psycho socio somatic health well being , merupakan resultante dari 4 faktor yaitu :
1.      Environment atau lingkungan
2.      Behaviour atau perilaku, Antara yang pertama dan kedua dihubungkan dengan ecological balance
3.      Heredity atau keturunan yang dipengaruhi oleh populasi, distribusi penduduk, dan sebagainya
4.      Health care service berupa program kesehatan yang bersifat preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitative.

Dari empat faktor tersebut di atas, lingkungan dan perilaku merupakan faktor yang paling besar pengaruhnya (dominan) terhadap tinggi rendahnya derajat kesehatan masyarakat. Tingkah laku sakit, peranan sakit dan peranan pasien sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kelas social, perbedaan suku bangsa dan budaya. Maka ancaman kesehatan yang sama (yang ditentukan secara klinis), bergantung dari variable-variabel tersebut dapat menimbulkan reaksi yang berbeda di kalangan pasien.
Misalnya dalam bidang biologi, antropologi kesehatan menggambarkan teknik dan penemuan ilmu-ilmu kedokteran dan variasinya, termasuk mikrobiologi, biokimia, genetik, parasitologi, patologi, nutrisi, dan epidemiologi. Hal ini memungkinkan untuk menghubungkan antara perubahan biologi yang didapatkan dengan menggunakan teknik tersebut terhadap faktor-faktor sosialdan budaya di masyarakat tertentu. Contoh : penyakit keturunan albinism di suatu daerah di Nusa Tenggara Timur ditransmisikan melalui gen resesif karena pernikahan diantara anggota keluarga.
C.    Perkembangan Antropologi Kesehatan dari Sisi Biological Pole
Antropologi kesehatan dari sisi Biological Pole berusaha untuk memahami jasad/fisik manusia melalui evolusi, kemampuan adaptasi, genetika populasi, dan primatologi (studi tentang makhuk primate / binatang yang menyerupai manusia). Sisi biologi adalah hal penting dalam kesehatan. Sisi biologi adalah kesatuan sistem organ tubuh yang saling menunjang, apabila terdapat gangguan dari salah satu organ tubuh maka juga akan menggangggu keseluruhan sistem fungsi.
Sisi biologi, melalui tubektomi, dilihat dari sudut budaya oleh Haryati (1990) dalam penelitiannya tentang penerimaan masyarakat desa terhadap cara ini untuk ber-KB. Kajian yang dilakukan Haryati selangkah lebih maju dari dua peneliti sebelumnya dengan lebih banyak menggali sisi biologi (tubektomi) dan kemudian memasukan ke dalam wacana kesehatan pada masyarakat yang diteliti dengan melibatkan sistem pengetahuan mereka untuk memilih cara ini dalam ber-KB.
Terdapat ahli-ahli antropologi yang pokok perhatiannya adalah tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia, peranan penyakit dalam evolusi manusia dan paleopatologi (studi mengenai penyakit-penyakit purba). Ahli-ahli antropologi yang memiliki minat tersebut mempunyai kesamaan perhatian dengan ahli-ahli genetika, anatomi, sorologi, biokimia dan sejenisnya.
Hal ini memungkinkan untuk menghubungkan antara perubahan biologi yang didapatkan dengan menggunakan teknik tersebut terhadap faktor-faktor sosial dan budaya di masyarakat tertentu. Ada beberapa ilmu yang memberikan sumbangan terhadap antropologi kesehatan, antara lain :
1.      Antropologi fisik/biologi/ragawi, Contoh: nutrisi mempengaruhi pertumbuhan, bentuk tubuh, variasi penyakit. Selain itu juga mempelajari evolusi penyakit sebagai akibat faktor budaya, migrasi dan urbanisasi.
2.      Etnomedisin, awalnya mempelajari tentang pengobatan pada masyarakat primitif atau yang masih dianggap tradisional, meski dalam perkembangan lebih lanjut stereotipe ini harus dihindari karena pengobatan tradisional tidak selamanya terbelakang atau salah.
3.      Kepribadian dan budaya, adalah observasi terhadap tingkah laku manusia di berbagai belahan dunia. Misalnya: perawatan schizophrenia di suatu daerah untuk mencari penyembuhan yang tepat dapat digunakan untuk mengevaluasi pola perawatan penyakit yang sama.
4.      Kesehatan Masyarakat, dimana beberapa program kesehatan bekerjasamadengan antropologi untuk menjelaskan hubungan antara kepercayaan dan praktek kesehatan.




D.    Perkembangan Antropologi Kesehatan dari Sisi Sosiocultural Pole
Antropologi kesehatan mempelajari sosio-kultural dari semua masyarakat yang berhubungan dengan sakit dan sehat sebagai pusat dari budaya, di antaranya objek yang menjadi kajian disiplin ilmu ini adalah:
  1. Penyakit yang berhubungan dengan kepercayaan (misfortunes).
  2. Beberapa masyarakat misfortunes disebabkan oleh kekuatan supranatural maupun supernatural atau penyihir,
  3. Kelompok healers ditemukan dengan bentuk yang berbeda disetiap kelompok masyarakat.
  4. Healers yang mempunyai peranan sebagai penyembuh.
  5. Perhatian terhadap suatu keberadaan sakit atau penyakit tidak secara individual, terutama illness dan sickness pada keluarga ataupun masyarakat.

Jauh sebelum apa yang disimpulkan ahli-ahli antropologi pada akhir abad 20, pada tahun 1924 W.H. R. River, seorang dokter, menyebutkan bahwa kepercayaan medis dan prakteknya tidak dapat dipisahkan dari aspek budaya dan organisasi sosial yang lain. Ia menyatakan “praktek medis primitif mengikuti dari dan membuat pengertian dalam syarat-syarat yang mendasari kepercayaan medis. Ia juga menyatakan keberadaan 3 padangan dunia yang berbeda (gaib, religi, dan naturalistik) dan menghubungkan sistem-sistem kepercayaan, dan tiap-tiap pandangan memilki model perilaku medis yang sesuai.
Ackerkencht, seorang dokter dan ahli antropologi, orientasi teoritisnya diungkapkan dalam bentuk lima generalisasi yaitu:
  1. Studi signifikan dalam antropologi medis bukanlah sifat tunggal melainkan konfigurasi budaya secara keseluruhan dai masyarakat dan temapt dimana pola medis berada dalam totalitas tersebut,
  2. Ada begitu banyak pengobatan primitif,
  3. Bagian dari pola medis, seperti yang ada pada keseluruhan budaya, secara fungsional saling berkaitan,
  4. Pengobatan primitif paling baik dipahami dalam kaitan kepercayaan dan definisi budaya,
  5. Manifestasi pengobatan primitif yang bervariasi seluruhnya merupakan pengobatan gaib.

Penelitian-penelitian dan teori-teori yang dikembangkan oleh para antropolog, perilaku sehat (health behavior ), perilaku sakit (illness behavior) perbedaan antara illness dan disease, model penjelasan penyakit explanatory model ), peran dan karir seorang yang sakit (sick role), interaksi dokter-perawat, dokter-pasien, perawat-pasien, penyakit dilihat dari sudut pasien, membuka mata para dokter bahwa kebenaran ilmu kedokteran modern tidak lagi dapat dianggap kebenaran absolut dalam proses penyembuhan.
Terdapat ahli-ahli antropologi dengan pokok perhatian pada sistem medis tradisional (etnomedisin), masalah petugas-petugas kesehatan dan persiapan profesional mereka, tingkah laku sakit, hubungan antara dokter-pasien serta dinamika dari usaha memperkenalkan pelayanan kesehatan Barat kepada masyarakat-masyarakat tradisional.

E.     Beda antara Perkembangan Antropologi Kesehatan Biological Pole dan Sosiocultural Pole
Antropologi kesehatan tidak boleh dipandang sebagai penggabungan dari dua disiplin yang longgar, biologi dan sosial-budaya, karena seringkali masalah-masalah yang dihadapi kedua disiplin ilmu tersebut saling membutuhkan data maupun teori-teori dari kedua bidang yang bersangkutan. Penyakit jiwa, misalnya, tidaklah semata-mata dapat dipelajari dalam kerangka faktor fisiologis atau biokimia belaka, atau faktor-faktor psiko-sosial-budaya yang bersumber pada stres; kedua jenis data tersebut penting untuk memperoleh pemahaman yang mendalam dari faktor-faktor yang berpengaruh. Serupa halnya dengan makanan, dimana kebiasaan makan dan makanan yang dipilih berkaitan dengan tingkatan nutrisi. Demikian pula teori epidemiologi yang didasarkan atas pengetahuan bahwa tingkahlaku manusia sangat mempengaruhi vektor yang menularkan banyak pennyakit.
Pokok perhatian biological pole :
1.      Pertumbuhan dan perkembangan manusia.
2.      Peranan penyakit dalam evolusi manusia.
3.      Paleopatologi (studi mengenai penyakit-penyakit purba)

Pokok perhatian sociocultural pole :
1.      Sistem medis tradisional (etnomedisin).
2.      Masalah petugas-petugas kesehatan dan persiapan profesional mereka.
3.      Tingkah laku sakit.
4.      Hubungan antara dokter pasien.
5.      Dinamika dari usaha memperkenalkan pelayanan kesehatan barat kepada masyarakat tradisional.
Jadi perbedaannya terletak pada masing-masing disiplin ilmu yang bersangkutan, dalam memandang suatu fenomena baik dari bidang biologi maupun bidang sosial-budaya. Contoh: dari segi biologi, penyakit merupakan suatu kondisi patologis yang dibuktikan dengan hasil-hasil tes laboratorium atau bentuk-bentuk pemeriksaan klinis lainnya. Namun dari pandangan budaya, penyakit adalah pengakuan sosial bahwa seseorang itu tidak bisa menjalankan peran normalnya secara wajar, dan bahwa harus dilakukan sesuatu terhadap situasi tersebut. Dengan kata lain harus dibedakan antara penyakit (disease) sebagai suatu konsep patologis, dan penyakit (illness) sebagai suatu konsep kebudayaan.

F.     Kegunaan Antropologi Kesehatan
Secara umum, antropologi kesehatan senantiasa memberikan sumbangan pada ilmu kesehatan lain sebagai berikut :
1.    Memberikan suatu cara untuk memandang masyarakat secara keseluruhan termasuk individunya. Dimana cara pandang yang tepat akan mampu untuk memberikan kontribusi yang tepat dalam meningkatkan kesejahteraan suatu masyarakat dengan tetap bertumpu pada akar kepribadian masyarakat yang membangun. Contoh ; pendekatan sistem, holistik, relativisme yang menjadi dasar pemikiran antropologi dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah dan mengembangkan situasi masyarakat menjadi lebih baik.
2.    Memberikan suatu model yang secara operasional berguna untuk menguraikan proses sosial budaya bidang kesehatan. Memang tidak secara tepat meramalkan perilaku individu dan masyarakatnya, tetapi secara tepat bisa memberikan kemungkinan luasnya pilihan yang akan dilakukan bila masyarakat berada pada situasi yang baru.
3.    Sumbangan terhadap metode penelitian dan hasil penelitian. Baik dalam merumuskan suatu pendekatan yang tepat maupun membantu analisis dan iterpretasi hasil tentang suatu kondisi yang ada di masyarakat.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

1.      Antropologi Kesehatan adalah disiplin yang memberi perhatian pada aspek-aspek biologis dan sosio-budya dari tingkahlaku manusia, terutama tentang cara-cara interaksi antara keduanya disepanjang sejarah kehidupan manusia, yang mempengaruhi kesehatan dan penyakit pada manusia (Foster/Anderson, 1986; 1-3).
2.      Hubungan antara social budaya dan biologi yang merupakan dasar dari perkembangan antropologi kesehatan yaitu masalah kesehatan merupakan masalah kompleks yang merupakan resultant dari berbagai masalah lingkungan yang bersifat alamiah maupun masalah buatan manusia, social budaya, perilaku, populasi penduduk, genetika, dan sebagainya.
3.      Sisi biologi adalah kesatuan sistem organ tubuh yang saling menunjang, apabila terdapat gangguan dari salah satu organ tubuh maka juga akan menggangggu keseluruhan sistem fungsi.
4.      Antropologi kesehatan mempelajari sosio-kultural dari semua masyarakat yang berhubungan dengan sakit dan sehat sebagai pusat dari budaya.
5.      Perbedaan perkembangan antropologi kesehatan biological pole dan sosiocultural pole yaitu  biological pole pokok perhatian adalah pertumbuhan dan perkembangan manusia, peranan penyakit dalam evolusi manusia dan paleopatologi (studi mengenai penyakit-penyakit purba). Pokok perhatian sociocultural pole adalah sistem medis tradisional (etnomedisin), masalah petugas-petugas kesehatan dan persiapan profesional mereka, tingkah laku sakit, hubungan antara dokter pasien dan dinamika dari usaha memperkenalkan pelayanan kesehatan barat kepada masyarakat tradisional.
6.      Kegunaan antropologi kesehatan adalah memberikan suatu cara untuk memandang masyarakat secara keseluruhan termasuk individunya, memberikan suatu model yang secara operasional berguna untuk menguraikan proses sosial budaya bidang kesehatan dan sumbangan terhadap metode penelitian dan hasil penelitian.



 DAFTAR PUSTAKA


Drs. Naffi Sanggenafa, MA. 2002. Jurnal Antropologi Papua. Jayapura. Laboratorium Antropologi Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih.
Gutomo Priyatmono. 2007. Bermain dengan Kematian. Yogyakarta. Kanisius.
Saifudin. 2005. Antropologi Kontemporer, Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma. Jakarta: Prenata Media
Tedi Sutardi. 2007. Antropologi :mengungkap Keragaman Budaya untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas, Program Bahasa. Bandung. PT Setia Purna Inves.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar